Mari Kita Sukseskan Kurikulum 2013

Jumat, 10 Oktober 2014

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013

|


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan tatap muka untuk satu atau beberapa pertemuan yang memuat prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Mengacu pada Standar Proses Permendikbud Nomor 65 tahun 2013, komponen RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.
Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) materi pokok; (3) alokasi waktu; (4) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (5) tujuan pembelajaran; (6); materi pembelajaran (7) pendekatan, model dan metode; (8) media/alat, bahan, dan sumber belajar. (9) langkah-langkah pembelajaran; dan (10) penilaian hasil pembelajaran.
Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Pengembangan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.
RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.
Dalam mengembangkan atau menyusun RPP, guru harus memperhatikan silabus dan buku teks peserta didik dalam menyiapkan materi pembelajaran dan buku guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.
Untuk lebih lengkapnya silakan download disini
Untuk contoh RPP Teknik Pemesinan Frais XI silakan download disini


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 PengetahuaN UmuM dan PendidikaN

Blog dikelola oleh : Hilman Burhanudin