Mari Kita Sukseskan Kurikulum 2013

Jumat, 10 Oktober 2014

Analisis SKL KI dan KD

|


Analisis KI-KD adalah menentukan kedudukan dimensi dari taksonomi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dari KD terhadap tuntutan KI. Analisis KD dari KI-1 dan KI-2 adalah menentukan kedudukan dimensi sikap spritual dan sikap sosial (menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan).
Analisis KD dari KI-3 adalah menentukan kedudukan dimensi pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) dan dimensi proses kognitif (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta). Adapun analisis keterampilan (KD dari KI-4) adalah untuk menentukan dimensi keterampilan abstrak (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan) dan keterampilan konkret (meniru, melakukan, menguraikan, merangkai, momodifikasi dan mencipta). Analisis KI-KD ini, diperlukan untuk memudahkan dalam merumuskan indikator.
Fokus pertama bagi guru dalam menyiapkan pembelajaran adalah melakukan analisis pada ketiga standar kompetensi yaitu SKL, KI, KD. Dari analisis itu akan diperoleh penjabaran tentang taksonomi dan gradasi hasil belajar yang berhubungan dengan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang diperlukan. Contohnya sebagai berikut.
Agar menjamin terjadinya keterkaitan antara SKL, KI, KD, materi pembelajaran, proses pembelajaran, serta penilaian perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.:
1.    Melakukan linierisasi keterkaitan KD dari KI-3 dan KD dari KI-4;
2.   Mengembangkan materi pembelajaran yang tertuang pada silabus, buku teks sesuai KD dari  KI-3;
3.    Mengidentifikasi keterampilan yang perlu dikembangkan sesuai rumusan KD dari KI-4;
4.    Mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran dan keterampilan yang harus dicapai;
5. Mengidentifikasi sikap-sikap yang dapat dikembangkan dalam kegiatan yang dilakukan mengacu pada rumusan KD dari KI-1 dan KI- 2, dan
6.    Menentukan cara penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan.

Untuk lebih lengkapnya silakan download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 PengetahuaN UmuM dan PendidikaN

Blog dikelola oleh : Hilman Burhanudin