Analisis KI-KD
adalah menentukan kedudukan dimensi dari taksonomi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dari KD
terhadap tuntutan KI. Analisis KD dari KI-1 dan KI-2 adalah menentukan
kedudukan dimensi sikap spritual dan sikap sosial (menerima, menjalankan,
menghargai, menghayati, dan mengamalkan).
Analisis KD dari KI-3 adalah
menentukan kedudukan dimensi pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif) dan dimensi proses kognitif (mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi dan mencipta). Adapun analisis keterampilan (KD dari
KI-4) adalah untuk menentukan dimensi keterampilan abstrak (mengamati, menanya,
mencoba, menalar, mengomunikasikan) dan keterampilan konkret (meniru,
melakukan, menguraikan, merangkai, momodifikasi dan mencipta). Analisis KI-KD ini, diperlukan untuk memudahkan dalam merumuskan indikator.
Fokus pertama bagi guru dalam
menyiapkan pembelajaran adalah melakukan analisis pada ketiga standar
kompetensi yaitu SKL, KI, KD. Dari analisis itu akan diperoleh penjabaran
tentang taksonomi dan gradasi hasil belajar yang berhubungan dengan materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang diperlukan. Contohnya
sebagai berikut.
Agar menjamin terjadinya keterkaitan antara
SKL, KI, KD, materi pembelajaran, proses pembelajaran, serta penilaian perlu
dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.:
1. Melakukan linierisasi keterkaitan KD
dari KI-3 dan KD dari KI-4;
2. Mengembangkan materi pembelajaran yang
tertuang pada silabus, buku teks sesuai KD dari KI-3;
3. Mengidentifikasi keterampilan yang
perlu dikembangkan sesuai rumusan KD dari KI-4;
4.
Mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai
dengan materi pembelajaran dan keterampilan yang harus dicapai;
5.
Mengidentifikasi sikap-sikap yang dapat
dikembangkan dalam kegiatan yang dilakukan mengacu pada rumusan KD dari KI-1
dan KI- 2, dan
6.
Menentukan cara penilaian pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang relevan.
Untuk lebih lengkapnya silakan download disini
0 komentar:
Posting Komentar