Mari Kita Sukseskan Kurikulum 2013

Jumat, 10 Oktober 2014

Analsis Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013

|


Buku guru dan buku siswa merupakan salah satu sarana iImplementasi Kurikulum Tahun 2013 dalam pembelajaran. Buku guru dan buku siswa telah disiapkan Pemerintah sesuai dengan Permendikbud nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran (Buku Siswa) dan Buku Panduan Guru (Buku Guru). Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model pembelajaran yang dipilih guru.

Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran   yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian serta pedoman penggunaan   buku siswa. Buku guru terdiri dari dua bagian, yaitu bagian 1 berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap kegiatan belajar sesuai dengan buku siswa.
Petunjuk umum pembelajaran  berisi informasi tentang petunjuk penyajian materi, petunjuk penilaian hasil belajar peserta didik, yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan, dan prosedur proses penilaian, struktur spektrum pendidikan menengah kejuruan dan mata pelajaran, jabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar, peta konsep dan organisasi materi pembelajaran, serta silabus.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa kegiatan belajar sesuai dengan materi pada buku siswa. Umumnya berisi  informasi  bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi: pengantar, kompetensi inti, pasangan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran berikut lembar kerja, pendekatan dan metoda yang digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran, media dan sumber belajar, kegiatan pembelajaran pada setiap pertemuan, dan rancangan penilaian hasil belajar. Pada setiap kegiatan belajar diberikan juga alokasi waktu dan rincian materi setiap pertemuan atau tatap muka. Bagian penilaian  berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, dan penilaian antar peserta didik. Pada buku guru juga ada informasi bagaimana melakukan pembelajaran remedial.
 
Untuk lebih lengkapnya silakan download disini

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 PengetahuaN UmuM dan PendidikaN

Blog dikelola oleh : Hilman Burhanudin